Kamis, 25 Oktober 2012

Spirit 'Iedul Adha 1433 H

Hari ini, dalam almanak islami adalah tanggal 10 Dzulhijjah 1433 H. Bertepatan dengan 26 Oktober 2012 M. Hari ini merupakan hari di mana para Hujjaj menuju Mina untuk melakukan pelemparan jumrah aqabah, tahallul, dan memotong hadyu. Sedang, kaum Muslimin yang lain mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid, berulang-ulang sebagai bentuk pengakuan akan kebesaran Allah Ta'ala. Kaum Muslimin sejak pagi keluar dari rumah masing-masing untuk melaksanakan shalat 'Iedul Adha, memenuhi masjid-masjid dan lapangan-lapangan.

Tak terasa, hari ini kita, kaum Muslimin begitu kompak. Kompak bersatu dalam suasana bahagia dan ceria. Bersatu memenuhi panggilan suci seruan Ilahi demi menggapai keridhoan-Nya. Satu komando dalam mengumandangkan takbir. Melangkah bersama menuju tempat shalat. Sujud dan rukuk bersama imam. Khusuk mendengarkan khutbah. Lalu, bersimpuh dan saling berjabat tangan, mengikhlaskan hati memaafkan sesama. Masya Allah, suasana yang sangat mengharukan.

Spirit iedul adha merupakan spirit berkurban, salah satunya. Apa yang dilakukan Nabi Ibrahim AS merupakan bukti pengorbanan besar dengan landasan menomorsatukan perintah Allah Ta'ala, di atas segalanya.Perintah Allah untuk menyembelih anaknya yang sangat diharapkan dapat melanjutkan estafeta perjuangan merupakan ketaatan tingkat tinggi. Beliau 'alaihis salam rela melakukannya. Hingga kemudian Allah Ta'ala yang ingin mengetes ketaatan Ibrahim AS menggantikan Ismail dengan seekor domba. Masya Allah, inilah bentuk ketaatan yang sebenarnya. Kini, apa yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya menjadi ritual ibadah wajib dalam pelaksanaan haji di baitullah al-haram.

bersambung...

(udah adzan neh bung)

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

  ©BEM STIS Hidayatullah - Balikpapan - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Topo